Sinkronisasi waktu dengan NTP server Indonesia  ncuptea blog

Sinkronisasi waktu dengan NTP server Indonesia

NTP server singkatnya ialah service untuk sinkronisasi waktu terkini dengan zona waktu setempat dari sumber yang akurat melalui jaringan intranet atau internet. Jika bersumber dari jaringan intranet atau lokal area network (LAN) kita harus memastikan di salah satu komputer dalam jaringan ada yang menjalankan/melayani service NTP ini, jika tidak kita bisa memakai NTP Server dari INTERNET.

Ntp Server biasanya mengenal istilah Stratum 1 dan Stratum 2 yang artinya Stratum 1 adalah sumber waktu dari atomic clock dan Stratum 2 artinya adalah server NTP dari sumber NTP server lainnya yang saling bekerja sama, namun dari semua stratum 1, 2, dan sebagainya semuanya sama-sama melayani permintaan pencocokan waktu dan mentransmisikan paket informasi kepada klien yang merequestnya. Perlu diketahui umumnya protokol NTP bekerja dengan port UDP 123 maka dari itu pastikan pengaturan firewall tidak mem-block port tersebut.

Pada prakteknya sekarang bagaimana kita melakukan permintaan sinkronisasi waktu? jawabannya sederhana dan mudah untuk dilakukan terlebih di linux dari NTP Server Publik Indonesia, dari konsol ketikan sebagai berikut :

# ntpdate ntp.kim.lipi.go.id

Diasumsikan sudah terkoneksi ke Internet.

1 comment:

  1. Sekedar sharing, tambahan untuk server NTP Indonesia (IIX)

    ntpdate ntp.naftalie.net

    atau

    ntpdate ntp.cingka.com

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!