WinSCP  ncuptea blog

WinSCP

Software atau aplikasi ini bisa dikatakan sebagai remote linux dari windows, saya disini menggunakan WinSCP ini untuk kerperluan transfer file, administrasi dan lainnya. Penggunaannya sendiri yaitu dimana jika kalian mempunyai pc router pada lingkungan LAN dan kerjanya sendiri dari pc router ini hanya untuk kerpeluan networking dan juga ber OS kan linux tentunya, disini saya memakai ubuntu 9.10, contoh : saya mempunyai CPU yang di fungsikan sebagai router dan karena tanpa monitor akhirnya disini fungsi WinSCP berperan di windows. Oke penjelasan dari WinSCP seperti di bawah ini :
  • Untuk Installasi WinSCP nya sendiri di windows saya anggap sudah terinstall.
  • Install SSH Server di linux ubuntu 9.10, ketik terminal sudo apt-get install ssh untuk menginstallasi Open SSH server nya.
  • Jika sudah terinstall cari dan buka file sshd_config pada /etc/ssh, sebaiknya untuk mempermudah konfigurasinya sebelumnya kalian login dalam status root atau jika bisa dengan status root via terminal dan nantinya meng-edit dari editor nano dan lainnya.
  • sebenarnya tanpa di edit pun bisa langsung di pake tapi untuk alasan keamanan aja maka silahkan ganti nilai port nya, defaultnya di 22 dan ganti aj menjadi 221.
  • Jika sudah maka silahkan kalian gunakan WinSCP yang terinstall di windows tadi, isikan no IP dari router ubuntu pada host dan port 221 dan username berikut password login ubuntu kalian. Selesai!

2 comments:

  1. namax juga orang mau berkembang, gan

    ReplyDelete
  2. nice inpo,
    btw ini ada link download softwarenya gan http://files.indowebster.com/winscp_5_1_7_full.html :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!