Ganti IP publik server ke nama domain  ncuptea blog

Ganti IP publik server ke nama domain

Judulnya mungkin norak yah?, habis bingung mau di kasih judul apa buat mengistilahkan cara mengganti IP Komputer server kita ke nama domain atau subdomain dengan nama huruf abzad (nama_server.afraid.org). Biasanya setelah kita sukses mengkonfigurasi sebuah server pada LAN yang salah satunya menjalankan service http, https, dan sebagainya kita bisa mengaksesnya dengan nama localhost, hostname atau IP Address.

Pendekatan pada suatu kasus; setelah kita berlangganan koneksi Internet dari ISP untuk komputer di rumah kita, katakanlah telkomspeedy, maka kita mendapatkan IP Publik dan jadilah saat kita akses IP Publik tersebut via Internet dari browser klien seperti firefox, dll diarahkan ke router komputer di rumah kita itu namun karena belum terdaftar nama server suatu domain yang di akui maka kita hanya bisa mengaksesnya dengan IP bukan huruf abjad seperti facebook.com, dan sebagainya. Lain hal dengan pengaksesan dengan nama hostname atau localhost yang bisa dilakukan dari Lokal Area dan komputer itu sendiri tapi tidak dari Internet.

Dengan adanya freedns.afraid.org kita bisa menamai/mengganti nama IP Komputer server dengan nama subdomain.afraid.og, juga gratis tentunya, jika niat make domain sendiri kalian harus bayar yah. Cara mengganti IP Publik ke domainsitus.com di tentukan beberapa faktor sebagai berikut:
  • Mempuyai IP Publik, entah itu dinamis atau statis. Biasanya paling umum ialah speedy.
  • Terserah sistem operasinya mau Linux atau Windows yang akan di buat server, yang penting ada service web server saja, entah itu apache, IIS, dan sebagainya.
  • Pastikan bahwa modem di Brige (dial koneksi oleh komputer server) karena IP Publik akan berada di komputer server itu sendiri bukan di router modem (adsl saat ini bisa sebagai router), alternatif lain jika tidak di bridge bisa melakukan forward pada modem+router tersebut untuk meneruskan koneksi masuk ke web server kita di belakang router.
  • Minimalnya service yang jalan pada komputer server kita itu adalah web server seperti apache, untuk dns server, mail server dan sebagainya lupakan saja karena itu bahasan expert, yang sekarang ini cara sederhananya saja.

Langkah-langkah mengganti IP server ke nama domainnya sebagai berikut:
  • Register ke http://freedns.afraid.org/, pastikan hingga terverifikasi.
  • Login ke http://freedns.afraid.org/
  • Pada layot template (sebelah kanan) pilih subdomain lalu klik Add untuk menambahkan/membuat seting baru. Lalu pada form setting isi sebagai berikut:
    Type : A
    Subdomain : ncuptea atau nama_situs_kalian
    Domain : sesuaikan dengan domain yang dimau.
    Destination : IP publik atau IP Server kita
    TTL : Defaultkan
    Willcard : Defaultkan

Save dan selesai

Silahkan akses via browser alamat komputer server kalian dengan nama bukan ip lagi.

Catatan :
Cara melihat IP Publik bisa dengan membuka situs http://www.myipaddress.com/

13 comments:

  1. thanks kawan sangat membantu ,.. visit itcenter.mooo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. maz helmi bantu aqw donk, saya buat mail, web, ftp server dengan ubuntu...tpi gmna cara akses lewat internet....????
      kirim ke sobirinwahyu@gmail.com

      Delete
  2. Thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

    ReplyDelete
  3. thank's bgt kak...
    skrg sy sdh bisa memakainya.

    ReplyDelete
  4. post and interesting article, keep your blog, so I can visit again and again to see the next article post, thanks for the info

    ReplyDelete
  5. Thanks Gan, sangat-sangat-sangat membantu

    ReplyDelete
  6. mantep gan,,
    ane berhasil,,
    trima kasih

    ReplyDelete
  7. makasih mas infonya... dicoba emang sukses,,, tapi apa kira2 seumpama ada orang lain yang ngakses tidak mengurangi bandwidth milik kita?

    ReplyDelete
  8. gan mohon bantuannya donk, aq mau redirect ip publik ke ip lokal supaya database mysql atau mariadb bisa di akses lewat internet gimana ya

    ReplyDelete
  9. untuk versi berbayarnya,, bisa dapetin dmn ya domainnya,,

    ReplyDelete
  10. Hei maksudnya artikel ini apa? Mengganti ip komputer kita apa mengganti ip server? :P AKu bingung bro.... hehehehehe

    ReplyDelete
  11. Mantab, Gan.. Tutorialnya lengkap banget.. Begitu tak praktekin, hasilnya langsung maknyus.. Makasih, Gan..

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!