Penjelasan eth0, eth1, eth2  ncuptea blog

Penjelasan eth0, eth1, eth2

Pernah bingung tentunya dengan peng-istilahan eth0, eth1, eth2, dan seterusnya dalam OS Linux. Hal ini biasanya kita jumpai pada saat akan membangun PC Router dengan OS Linux.

Memang kita dapat mengetahui eth0, eth1, eth2 dan seterusnya ialah merupakan kartu jaringan atau kerennya Lan card namun apakah bisa membedakan dan mengetahui dimana letak eth1, eth2, eth3 dalam fisiknya pada mainboard? Maka dari itu mari kita pahami akan hal tersebut.

Eth0, eth1, eth2 bisa kita bedakan dengan mata telanjang letak-letaknya pada sebuah mainboard yaitu dimana Lan Card Onboard yang masih berfungsi jalan maka secara otomatis akan dikenali sebagai Eth0 oleh system operasi linux, dan slot 1 kartu jaringan akan di kenali sebagai eth1 jika ada hardware lan card-nya, dan slot ke-2 di kenali eth2. Jadi gambaran sederhananya :
  • eth0 adalah lan card On board.
  • eth1 adalah lan card slot 1
  • eth2 adalah lan card slot 2

Namun posisi eth1 dan eth2 juga dapat berubah. Misal lan card di letakkan pada slot 2 setelah itu sistem operasi linux di install maka file konfigurasi interface-nya eth0 adalah lan card onboard dan eth1 ada pada kartu jaringan yang ada pada slot 2 di mainboard.

Lain lagi jika sebelumnya Os Linux sudah terinstall dengan 1 kartu jaringan yaitu eth0 lalu di tambahkan hardware kartu jaringan lagi pada slot 2 maka di konfigurasinya terbaca eth0 dan eth2.


Selesai, semoga bermanfaat.

No comments:

Facebook Blogger Plugin: Brought to by CITEUREUP FOUNDATION Enhanced by ncuptea

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!