Update grub Ubuntu setelah install Fedora  ncuptea blog

Update grub Ubuntu setelah install Fedora

Posting kali ini ialah membuat ulang grub atau update grub ubuntu setelah install linux fedora. Beberapa waktu lalu saya sempat menginstall linux Fedora core 13 untuk mengganti linux distro suse 11.3 pada laptop acer aspire 4732Z saya, pada dasarnya karena saya merasa kurang cocok saja dengan linux suse ini sehingga saya ganti dengan Fedora core 13 dan sekarang ini dalam hardisk acer aspire 4732Z saya ada 4 sistem yaitu Windows XP, Win7 Home Premium, linux Fedora core 13, dan linux Lucid Lynx desktop.

Kasusnya yaitu saya di sulitkan dengan grub fedora atau lucid ini yang tidak mau akur, dimana jika saya install boot loader pada linux lucid maka si linux fedora yang error begitu juga sebaliknya jika grub-nya di install di linux fedora maka si boot lucid nya yang tidak jalan, lain hal pada windows yang tetep bisa sekalipun di grubnya ada di linux fedora ataupun di lucid.

Mulailah saya browsing dengan mencari kasus seperti saya namun tidak saya temukan, hanya ada sedikit info mengenai update grub pada lucid atau ubuntu 10.04, dengan modal nekadpun akhirnya saya coba tuh trik dan alhamdulillah sukses juga pada akhirnya :d, begitulah kira-kira keluhannya..hahaha.

Simak berikut ini bagaimana cara meng-update grub ubuntu setelah install fedora. Namun sebelumnya perhatikan dahulu OS dan pemartisian saya ini :
Sebelumnya
- Sda1 berisi Windows Xp Professional SP2
- Sda2 berisi Windows 7 Home premium
- Sda3 berisi partisi Data dengan format file system fat32
- Sda5 berisi linux openSuse 11.3
- Sda6 berisi linux Lucid atau ubuntu 10.04
- Sda7 berisi swap

Sesudahnya
- Sda1 berisi Windows Xp Professional SP2
- Sda2 berisi Windows 7 Home premium
- Sda3 berisi partisi Data dengan format file system fat32
- Sda5 berisi linux Fedora Core 13
- Sda6 berisi linux Lucid atau ubuntu 10.04
- Sda7 berisi swap

Solusi cara mengupdate grub pada ubuntu-nya sebagai berikut :
-Sebelumnya sudah diketahui Ubuntu ada pada partisi Sda6
-jalankan cd bootable atau usb bootable ubuntu dalam mode "Try"
-Buka terminal, ketikan shell sebagai berikut
sudo mount -t ext4 /dev/sda6 /mnt/
sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
sudo chroot /mnt/ /bin/bash
grub-install /dev/sda
grub-install /dev/sda6
update-grub
-Silahkan restart maka akan terlihat entry akan terdefaulkan kembali

Selamat mencoba.

1 comment:

  1. Keren banget. Saya lagi butuh solusi masalah grub saya. Ah, mas nulisnya simpel banget. Mudah saya pahami. Terima kasih.

    Senang sekali melihat link-link di blogroll mas :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!