Mengembalikan boot loader ubuntu  ncuptea blog

Mengembalikan boot loader ubuntu

Artikel kali ini saya akan berbagi cara mengembalikan boot loder Linux yang biasanya problem terjadi sesudah install OS Windows. Dalam kasus saya ini sebelumnya pada Acer Aspire 4732Z sudah terinstall OS (Operasi System) sebagai berikut:
  • Sda1 Windows Xp Pack 2.
  • Sda2 OpenSUSE 11.3.
  • Sda3 Ubuntu desktop 10.04.
  • Sda4 partisi Swap
  • Sda5 partisi kosong buat OS (cadangan).
  • Sda6 partisi Data (Data pribadi)
Lalu menyusul saya install lagi Windows 7 Home Premium pada sda5 yang seperti diatas masih kosong. Dan di sinilah masalah timbul yaitu boot loader linux yang defaultnya pada ubuntu tertimpa boot loader windows 7 yang terakhir di install dan hanya menyisakan boot windows xp saja.

Karena windows tidak mengenali menu boot Linux namun Linux sebaliknya ini menyebabkan banyak orang menginstall linux sebagai langkah terakhir sesudah Os Windows. Jika sudah terlambat dan sangat tidak relevan jika harus menginstall ulang linux tadi bukan apalagi sebenarnya file sistem linux tidak terhapus di hardisk hanya terhapus menu boot nya saja.

Berikut ini langkah-langkah mengembalikan serta menambahkan boot loader OS baru pada linux ubuntu, ubuntu yang saya pakai ialah ubuntu desktop 10.04 :
  • Sudah diketahui seperti diatas partisi boot loader default ada pada sda3.
  • Diperlukan cd booting/Usb boot ubuntu lalu jalankan secara "Try" atau coba.
  • Jika sudah masuk dalam modus try, seting akses root-nya via terminal dengan perintah sudo passwd root lalu masukan password yang diinginkan. Jika sudah login sebagai root pada terminal.
  • Ketik atau copy masing-masing perintah sebagai berikut :
    mount -t ext4 /dev/sda3 /mnt/ lalu ENTER.
    mount -t proc proc /mnt/proc/ lalu ENTER.
    mount -t sysfs sys /mnt/sys lalu ENTER.
    mount -o bind /dev/ /mnt/dev/ lalu ENTER.
    chroot /mnt /bin/bash lalu ENTER.
    grub-install /dev/sda lalu ENTER.

    From boot loader ubuntu
  • Restart lalu lihat hasilnya pada menu boot sistem, jika ada 2 windows maka akan terlihat 1 menu boot windows pada menu grub loader Linux maka akan terlihat opsi sistem windows lainnya dalam menu boot tersebut.
  • Jika belum ada perubahan atau keberhasilan ulangi langkah diatas, namun pada langkah terakhirnya tambahkan perintah
    grub-install /dev/sda3

Nb: Menurut rumor beredar cara ini hanya bekerja pada ubuntu versi 9.10 ke atas, silahkan berexprien untuk versi lainnya.



SEMOGA BERMANFAAT

4 comments:

  1. Nice share

    Maaf mas kurang jelas sedikit mengenai penjelasannya. Apakah yang dimaksud dengan artikel diatas bisa untuk mengupdate menu booting yang baru terinstall atau hanya mengembalikan menu boot awal tapi tidak me-load menu boot os baru-nya sesudahnya?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih bos buat tutorialnya, kebetulan saya pecinta multy OS dalem 1 hardisk, kebetulan saya mu nambahin XP Black edition n siap-siap kehilangan menu boot linux nya, save pages bos...hehehe

    ReplyDelete
  3. @ Anonim
    Cara diatas sudah dicoba oleh saya sendiri baik itu hanya untuk mengembalikan boot loader linux itu sendiri ataupun sekaligus melakukan boot system baru pada menu boot ata grub ubuntu, hanya saja jika master boot-nya pada windows itu sulit dilakukan karena menu boot linux tidak mau ter-load.


    @ Jalak
    Silahkan om dan selamat berexperien...jika tidak repot dan sudah berhasil pada xp black edition di share disini saja om sekalian kita diskusikan.

    ReplyDelete
  4. Keren bro tuto-nya, tapi sudah banyak si artikel seperti ini hanya blog mas ini sangat simple dan tidak adanya addsense jadi gampang dimengerti.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!