Hindari terjebak dalam kontrak kerja jual-beli jasa IT Support  ncuptea blog

Hindari terjebak dalam kontrak kerja jual-beli jasa IT Support

Transaksi jual-beli jasa teknisi jaringan komputer jika kita sebagai admin menyepelekan harga penarifan akan membuat kita terjebak dalam suatu kontrak kesepakatan kerja, dimana suatu saat kalian telah mampu mengkonfigurasi jaringan komputer skala kecil misal pada warnet dan jasa kalian untuk hal tersebut telah di perjual-belikan maka sebagai pegangan para administrator baru untuk menghindari hal-hal diluar kesepakatan kontrak antara owner dengan admin, berikut ialah hal-hal yang saya alami dalam kesepakatan suatu kontrak jasa IT Support Warnet/Soho :
  • Rincikan tarif berdasarkan unit, bukan detail. (misal untuk seting server sekian rupiah, untuk seting klien sekian rupiah)
  • Tentukan bahwa tarif berdasarkan 'SETING' saja dan tidak termasuk hardware.
  • Tanyakan apakah si owner ke depannya akan menjadikan salah satu operator sebagai teknisi (di maksudkan kita untuk seberapa jauh menerapkan security di klien atau server, karena jika tidak kita sendiri yang di repotkan)
  • Jika mempunyai billing berbayar namun mempunyai lisensinya secara unlimited tambahkan saja harga billing dan seting ke dalam daftar harga kontrak. Lumayankan untuk tambahan pendapatan dimana ada penawaran dari owner
  • Jika warnet untuk game online tegaskan ke owner bahwa update/patch kedepannya di serahkan ke operator, kita hanya menginstal dan mem-patch saat itu jg (bikin pusing dimana kita kerja sampai 1 minggu bahkan lebih)
  • Siapkan S.O.P (Standart Operation Procedure) untuk operator dan owner
  • Tegaskan garansi jaringan dan server sekian minggu, bulan terserah kalian


Untuk perihal lainya silahkan kalian tentukan sendiri.

No comments:

Facebook Blogger Plugin: Brought to by CITEUREUP FOUNDATION Enhanced by ncuptea

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!