Software perkantoran yang akan kita bahas ini adalah Microsoft Office Excel, dan bukan tentang cara installnya di windows ataupun Linux tetapi bagaimana cara membuat pembulatan pada jumlah total suatu penjumlahan.
Awalnya tentang cara pembulatan nilai jumlah di Excel ini saya abaikan dan memilih dengan membulatkan secara manual, namun seiring waktu berjalan dan berpikir kalau dengan cara manual terlalu makan waktu maka saya belajar lagi bagaimana membuat pembulatan suatu penjumlahan di Microsoft Excel.
Lihat contoh kasus di bawah ini :
Uraian Pekerjaan | Harga Satuan |
Sub Total 1 | 1.250.000,- |
Sub Total 2 | 1.237.000,- |
Sub Total 3 | 750.000,- |
Sub Total 4 | 2.597.500,- |
Total Keseluhan | 5.834.500,- |
DI BULATKAN | 5.830.000,- |
Pembulatan yang pada tabel di atas di warnai merah akan secara otomatis berubah menyesuaikan nilai Total Keseluhannya dan selalu membulatkan 4 angka dari belakang. Cara membuat pembulatan tersebut adalah :
- Di misalkan nilai 5.834.500 ada di Row C8
- Maka di Row C9 ketikan formula excel sebagai berikut :
=ROUNDDOWN(C8;-4)
Catatan :
- =ROUNDDOWN adalah formulanya jadi ini harus selalu di sertakan.
- Tanda kurung "(" dan ")" harus dipakai sebagai pemisah.
- C8 dalam kasus diatas ialah target nilai yang akan dibulatkan, sesuailah row mana yang akan dibulatkan.
- Simbol ";" harus dipakai sebagai tanda pemisah
- -4 adalah jumlah angka desimal yang akan di bulatkan sebelum tanda koma
terimakasih bgt, infonya sangat bermanfaat :)
ReplyDelete