Cara redirect daftar isi di Ms Word  ncuptea blog

Cara redirect daftar isi di Ms Word

Trik kali ini masih di lingkup Windows, mungkin di Linux juga bisa diterapkan namun dibutuhkan penyesuaian sedikit. Bahasannya tentang software perkantoran yaitu Microsoft Word, dalam kesempatan kali ini ialah menerapkan opsi untuk meloncatkan suatu daftar isi ke judul atau bab pada ms word.

Hal ini mirip saat kita mengunjungi situs Wikipedia yang dimana selalu ada table konten (mirip daftar isi) yang jika kita klik akan merujuk (diantarkan) ke target kontennya, jadi kita diharus direpotkan dengan harus menggulung halamannya dan mencari satu-persatu.

Contoh kasus, kita punya daftar isi dan bab atau sub bab di Microsoft Word sebagai berikut :
Ncupisme.blogspot.com ialah blog yang di host gratisan milik google dan mendeskripsikan catatan pribadi pengalaman ncuptea tentang komputerisasi dan teknologi informasi.

Kebanyakan artikel yang di muat di blog adalah tak lain catatan ngoprek, howto, troubleshoot, dan sebagainya soal komputer dan teknologi komputer.

Nama URL ncupisme dibuat pada dasarnya atas ketidaksengajaan berpikir saat itu saja.

Kebijakan atau Privacy Policy bisa dilihat di sini untuk lebih lengkapnya.

Maka cara meredirect daftar isi ke suatu isi atau bab pada Ms. Word adalah sebagai berikut :
  1. Di Ms. Word; Sorot/blok suatu judul/isi/bab yang akan dijadikan sebagai target di daftar isi lalu masuk ke tab menu Insert lalu pilih Bookmark.
  2. Sebuah kotak dialog baru akan keluar, isikan pada Bookmark name: nama yang kalian inginkan, dalam contoh ini dimisalkan namanya Target_1 lalu klik Add. Dari langkah ini maka input kita yaitu Target_1 akan terlihat di kotak pustaka di bawah kotak isian Bookmark name: dan otomatis kotak dialog akan menutup sendiri.
  3. Kembali ke daftar isi yang sudah kita buat sebelumnya, sorot/blok pada suatu kalimat di daftar isi yang ingin di loncatkan (dihantarkan) ke Isi/sub bab/bab yang dalam contoh ini sudah kita Bookmark dengan nama Target_1, masuk ke Insert lalu pilih Hyperlink. Pada kotak dialog yang muncul, cari dan pilih Place in This Document yang posisinya di sebelah kiri pada kotak dialog tersebut dan maka pada kotak pustaka yang posisinya di tengah pilih Target_1 lalu klik OK.
  4. Selesai

Catatan; Dalam praktek ini penulis memakai versi Microsoft Office Word 2007, mungkin pada versi Ms. Word 2003 atau OpenOffice Word Processor akan berbeda tampilan/letak menunya namun opsi-opsinya hampir sama dengan step by step redirect daftar isi ke sub isi di dokumen yang sama pada Ms.Word.

No comments:

Facebook Blogger Plugin: Brought to by CITEUREUP FOUNDATION Enhanced by ncuptea

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!