PacketIx, alternatif OpenVPN  ncuptea blog

PacketIx, alternatif OpenVPN

Virtual Private Network singkatnya ialah suatu jaringan yang bersifat privasi, hanya host atau komputer tertentu saja yang bisa terkoneksi. Virtual Private Network (VPN) di gambarkan suatu jaringan private yang berjalan di atas jaringan umum (Internet), pemungsiannya sendiri pada keadaan tertentu dimana jaringan komputer di gedung A lokasi Bogor dapat berkomunikasi dengan gedung B lokasi Jakarta namun antara kedua gedung A dan B seolah-olah dalam 1 gedung dimana koneksinya seperti saat mengambil file dalam komputer lain dalam 1 ruangan padahal fisiknya sendiri via Internet atau akses global dimana bandwidth suatu provider mempunyai power membatasi kecepatan.

Salah satu software vpn yang di sebut-sebut dan berslogan sebagai vpn software generasi mendatang adalah PacketiX, PacketiX di kembangkan oleh akademik nirlaba jepang oleh perusahaan SoftEther dan ini adalah rival OpenVPN menurut saya pribadi. Layanan yang di tawarkan PacketiX ini adalah cluster vpn bersama, dengan demikian kita bisa membuat HUB atau Switch virtual serta menggunakannya secara gratis.

Dengan PacketiX kita bisa menggunakan fungsi feature pada software PacketIx, sperti membuat koneksi remote ke komputer rumah atau menyatukan koneksi jaringan lokal yang berbeda lokasi.


Singkat saja langsung ke tahap installasi PacketiX pada linux Ubuntu:

Download PacketiX dari terminal
wget http://www.packetix.net/en/special/files/vpn2_5350_en/vpnclient-5350a-rtm-en-linux-x86.tar.gz
Install library/dependensi yang di butuhkan :
apt-get install zlib1g-dev libreadline5-dev
Extract PacketiX :
tar xvzf vpnclient-5350a-rtm-en-linux-x86.tar.gz
Masuk ke direktori hasil extrack, lalu jalankan perintah berikut:
make
Selesai tahap installasinya

Untuk menjalankan service
./vpnclient start

Untuk setup service :
./vpncmd

Lakukan konfigurasi, improv dulu yah, saya sendiri masih ngoprek...pada artikel berikutnya akan saya angkat lagi tahap konfigurasinya, doakan saja.



Semoga berhasil pada konfigurasi.

No comments:

Facebook Blogger Plugin: Brought to by CITEUREUP FOUNDATION Enhanced by ncuptea

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!