Apa itu Daemon  ncuptea blog

Apa itu Daemon

Pengguna sistem operasi opensource Unix-like seperti Keluarga Linux, BSD umumnya mengenal atau mendengar di forum, blog istilah Daemon. Seperti arti dalam bahasa Indonesia atau Wikipedia daemon berarti Setan namun Daemon bukanlah setan yang sering kita dengar pada suatu mitos melainkan Daemon di artikan Setan dari mekanismenya yang tidak terlihat oleh pengguna, bekerja tanpa intervensi pengguna dan selalu berjalan di belakang background atau layar input.

Jika bertanya kapan suatu daemon running maka daemon mulai running pada proses booting sistem, umumnya tiap aplikasi/software terlebih yang berjalan di klien-server di keluarga linux, atau BSD, dll mempunyai Daemonnya masing-masing yang menunggu dan melayani suatu request dari pengguna.

Daemon secara kesepakatan tak terikat di dunia opensource di lambangkan pada setiap akhiran dengan kependekan "d", sebagai contoh httpd, sshd, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan windows apa ada daemon? Jawabnya ada namun berbeda nama yakni di sebut Services dan mempunyai konsep yang sama seperti hal-nya Daemon.

1 comment:

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!