Troubleshoot svchost.exe bikin hang  ncuptea blog

Troubleshoot svchost.exe bikin hang

Tahu svchost.exe? Apa itu svchost.exe? Untuk apa svchost.exe? Kenapa svchost.exe makan penggunaan memory dan cpu yang besar? Komputer hang gara-gara svchost.exe?..and blablablabla lainya? Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi analisa, pemahaman, dan pengalaman saya akan svchost.exe di windows xp professional, dan tentu saja konsep ini hanya sejauh pengetahuan penulis saja. Oke, di windows xp pro kita biasa melihatnya di taskmanager nama yang berbau Svchost.exe, disana juga kita bisa melihat penggunaan cpu dan jumlah memori yang dipakai oleh si Svchost.exe, sebelum melangkah lebih jauh tentang Svchost.exe di Windows kita pahami dulu apa itu Svchost.exe dan untuk apa penggunaannya dan nanti baru ke tahapan troubleshoot Svchost.exe ini.

Dijelaskan Svchost.exe ini menurut sumber resminya di microsoft yaitu Svchost.exe merupakan nama proses host generik untuk layanan yang dijalankan dari dynamic-link libraries (DLL), ini bisa dikatakan Svchost.exe ini ialah suatu service yang menjalankan satu atau lebih suatu librari dalam sistem, makanya terkadang kita melihat tidak hanya satu Svchost.exe saja di Taskmanager. Berkas Svchost.exe terletak di dalam map %SystemRoot%\System32. Pada proses persiapan atau start-up, Svchost.exe memeriksa bagian layanan registri untuk menyusun daftar layanan yang harus dimuat/di load. Svchost.exe dapat dijalankan beberapa kali sekaligus dalam satu waktu. Setiap sesi Svchost.exe dapat berisi sekelompok layanan.

Kasus yang berkaitan dengan svchost.exe ini ialah dimana pada proses start-up pada beberapa hardware standart membuat sistem komputer mengalami hang dan terasa berat akibat resource CPU dan Memory yang habis dimakan oleh proses svchost.exe ini, nah jika kalian mengalami atau hampir sama seperti kasus yang kita bahas ini mungkin solusi mengatasi Svchost.exe berikut di bawah ini bisa sedikit membantu :

Langkah-langkah perbaiki beratnya komputer akibat svchost.exe :
  • Download Windows Update v3 disini lalu simpan di direktori C:\ (jangan di dalam folder).
  • Download file format .bat yang bernama fix_svchost.bat disini dan simpan di C:\ (jangan di dalam folder, harap di rename menjadi fix_svchost jika nama file yang didownload berbeda).
  • Download WindowsXP-KB927891.exe disini, atau jika mau download ke sumbernya langsung silahkan ambil di Microsoft Download Center. Jangan lupa simpan di C:\ juga.
  • Restart sistem komputer
  • Masuk ke Windows Safe Mode, untuk bisa masuk tekan F8 sebelum logo windows loading muncul lalu pilih safe mode dan login dengan account Administrator.
  • Jika sudah masuk sistem pilih ke RUN di start menu lalu tekan tombol Browse lalu ke C:\ dan pilih fix_svchost.bat lalu Open dan OK. Tunggu proses ini hingga selesai dan command promp menutup sendiri.
  • Masih dari RUN di start menu lalu tekan tombol Browse lalu ke C:\ dan pilih Windows Update v3 yang tadi di download lalu klik Open dan OK.
  • Masih dari RUN di start menu lalu tekan tombol Browse lalu ke C:\ dan pilih WindowsXP-KB927891.exe yang tadi di download lalu klik Open dan OK.
  • Restart sistem dan masuk dalam mode normal ke sistem dan rasakan efeknya atau bisa lihat besaran muatan svchost.exe di Taskmanager untuk pastinya.
  • Selesai.

Catatan :
Sepengalaman pribadi saya dengan cara ini maka setiap proses yang di load oleh sistem saat start-up akan diantrikan dan tentu saja delaynya bertambah sampai ke status idle-nya akan tetapi cara ini menghilangkan hang pada sistem windows saya setiap kali start-up.

No comments:

Facebook Blogger Plugin: Brought to by CITEUREUP FOUNDATION Enhanced by ncuptea

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!