[Solved]Install dan konfigurasi openvpn access server di ubuntu dan klien windows  ncuptea blog

[Solved]Install dan konfigurasi openvpn access server di ubuntu dan klien windows

Deskripsi:
Dijelaskan lengkap di wikipedia vpn adalah Virtual Private Network, dalam bahasa Indonesia vpn adalah Jaringan Virtual Pribadi, secara harfiah dan nalar awam dengan vpn ini memungkin kita mengakses lokal area network (LAN) yang berbeda lokasi menggunakan media Internet atau jaringan umum lainnya. IETF sendiri berstatement bahawa vpn ialah bentuk internet pribadi yang melalui jaringan publik (Internet) yang hubungannya sendiri tercipta atas 2 (dua) tunnel/terowongan virtual yang secara fisik tidak ada antara 2 titik. Saat vpn di aplikasikan nantinya sebuah adafter (kartu jaringan) virtual akan tercipta, kemudian nanti di enskripsi dan di deskripsikan baik oleh vpn server dan vpn klien.

Dengan vpn kita bukan berarti dapat menggunakan Internete gratis, bisa jadi hanya bentuk sharing media lokal areanya saja, logika intranet atau akses ke suatu pc ke pc lainnya di dalam suatu warnet. Hal ini saya paparkan lagi karena banyak masyarakat Internet yang salah mengartikan tentang vpn ini, kalau administrator jaringan skala kecil atau besar mungkin sudah pada tahu fungsi vpn ini, tapi user biasanya yang susah mengkap dari penggunaan vpn ini.

VPN di Indonesia banyak, tapi hanya untuk komunitas tertentu saja, katakanlah lingkungan akademik, kantor dan sebagainya. VPN gratis banyak, seperti packetix.net yang membuka jalur lokal area dengan hostname public.softether.com di port 443, namun seperti di atas hanya sebatas Lokal Area Network bukan Publik Network. Dengan vpn juga bukan berarti akses Internet menjadi cepat, tak terbatas, dan sebagainya. Dengan maraknya vpn murah, vpn trial, vpn gratisan seperti warung kaki lima dan kebanyakan keyword yang dipakai oleh pengguna Intenet via dial GSM, kalian pengguna Internet koneksi GSM atau CDMA dan berambisi sekali dengan VPN gratisan? kalian itu di bohongi dan salah konsep :D.

Bahasan VPN, software vpn dan seting vpn
Seperti yang kita ketahui paket openvpn yang biasa di pakai oleh orang adalah berbasis CLI (Command Line Interface), lisensinya sendiri free, dan bebas di kembangkan dan di distribusikan ulang, beda dengan Web GUI OvenVPN Access Server yang berbayar dan mudah dalam sisi konfigurasinya. Nah kali ini kita bahas tentang OpenVPN Access Server ini, lah kok? inikan berbayar...tenang, OpenVPN Access Server ini ada free-nya juga kok tapi hanya untuk dua client yang terkoneksi. Gimana? layak di coba bukan.

Kutipan :
Forum phreaker ngumpulin data, software dan informasi tetek bengek lainnya buat crack itu binatang vpn, bahkan member baru forumnyapun belum bisa lihat thread phreaknya, kita mending bikin saja sendiri :D, bye bye phreaker.

Supaya tidak pusing kedepannya menangkap maksud dan tujuan prihal OpenVPN Access Server ini, berikut adalah kasus di saya :
  • Server saya lokasi di Bogor kota madya, sedangkan komputer saya yang akan jadikan klien VPN di Bogor kabupaten. Secara fisik antara komputer di rumah dan di server tidak tersambung kabel apapun, hanya Internet saja.
  • Server bersistem operasi Ubuntu Server.
  • Klien bersistem Multi OS, ada ubuntu, fedora, Windows XP dan Windows 7, namun yang akan dipakai adalah Windowsnya.
  • Provider yang dipakai di komputer server adalah Speedy 2 Mbps, peruntukan aslinya buat warnet.
  • Provider yang saya pakai di rumah adalah dial-up GSM alias pake Handphone yang di konekan ke PC.
  • Topologi fisik di pc Server yang akan di buatkan OpenVPN Access Server sebagai berikut :
    Internet<--->Modem ADSL di bridge<--->Ubuntu Server<--->Windows klien
    .
    Dimana :
    -Pada pada Ubuntu server terdapat 2 kartu jaringan, 192.168.1.2 dan 192.168.0.1
    -192.168.0.1 sebagai gateway LAN
    -192.168.1.2 ke Modem ADSL
    -192.168.1.1 adalah IP Modem yang di bridge dan di dial oleh Ubuntu server
    -Karena modem di bridge, maka akan membentuk interface ppp0 dan IP Publik ada di Ubuntu Server.


TAHAP INSTALLASI OPENVPN ACCESS SERVER
  • Download software openvpn-as paket .deb (Openvpn Acces Server), Pilih mau yang 32/64 bit.
    OpenVPN Access Server 1.8.3 i386 32bit
    OpenVPN Access Server 1.8.3 amd 64 bit
  • Install dengan paket manager dpkg milik ubuntu, dalam contoh dipakai openvpn-as-1.8.3 64 bit.
    dpkg -i penvpn-as-1.8.3-Ubuntu9.amd_64.deb
  • Tambahkan akun admin "openvpn", passwordnya sesuaikan. Ini seperti membuat atau memberi password root setelah awal install ubuntu saja.
    passwd openvpn
  • Beralih ke komputer klien windows yang dalam hal ini akan di jadikan Klien VPN nya, maka pada browser masukan url di bawah untuk masuk ke web management openvpn Access Server pada komputer server ubuntu (secara remote) untuk mengkonfigurasi pengaturan VPN nya.
    https://Ip_publik_pc_server:943/admin

Setelah konek, maka akan masuk pada login promp, masuk dengan username "openvpn" berikut passwordnya juga seperti yang sebelumnya dibuat. Untuk lebih simplenya dalam hal konfigurasi OpenVPN Access Server lihat saja pengaturan konfigurasi jadi saya pada screenshoot di bawah :

Klik pada gambar untuk memperbesar.


Server Network Settings, bagian ini untuk memilih interface, ip publik yang di komputer server. Sesuaikan pada beberapa opsi dan samakan saja lainnya.
VPN Mode Settings, bagian ini kita memilih mode apa yang akan dipakai, apakah bridge atau tunnerl. sesuaikan pada beberapa opsi dan samakan saja lainnya.
User Permissions, bagian ini tentang user permissions. Di sini admin "openvpn" yang akan di pakai, dan menggunakan auto login, jadi nanti tanpa buat dulu certifcate, dan lainnya seperti setting vpn umumnya.
Client VPN Settings, bagian ini kita prihal seting untuk client, koneksi ke subnet jaringan di belakang server, semua vpn klien yang aktif, dll. sesuaikan pada beberapa opsi dan samakan saja lainnya.
VPN Settings, bisa di custom IP Peruntukan VPN klien dan penspesifikasian Network IP Private nya LAN fisik, bisa di defaultkan juga biarkan si VPN Server yang menyesuaikannya sendiri.
Jangan lupa logout dari web Management OpenVPN Access Server.Saya anggap konfigurasi OpenVPN Access Server di ubuntu server telah selesai. Kini saatnya mengerjakan VPN Kliennya di OS Windows (mau windows xp atau windows 7 sama saja), disini kita akan memakai software vpn klien untuk windows hanya saja untuk mendownloadnya kita membutuhkan linknya dari server vpn di ubuntu server kita yang sebelumnya sudah di installkan OpenVPN Access Server dan sudah berjalan, ini dimaksudkan sebagai alternatif validasi certificate, key, dan konfigurasi di VPN klien jadi lebih mudah. Masukan url di bawah ini :
https://ip_publik_server:943/




Login dengan akun "openvpn" berikut password yang sudah dibuat, pilih mmenu drop down Login lalu klik Go.
Download software klien openvpn untuk windows seperti tanda panah pada gambar. dan jangan lupa Logout dan installkan di Windows Klien.
Perhatian :
Dengan cara download software vpn klien windows seperti diatas maka tidak perlu lagi membuat seting dan konfigurasi atau mengcopy certificate keys dan lainnya dari vpn server.

-Jika sudah mendownload dan install di Sistem Windows yang akan di jadikan VPN klien.

-Jalankan dan isikan Username openvpn dan berikut password yang sudah di buat.

Berikut ialah screenshoot vpn klien saya di mesin windows xp yang sudah terkoneksi dengan vpn server ubuntu.





Kira-kira seperti berikut promp Login software VPN Klien. isi username dan passwornya sesuaikan dengan yang sudah dibuat sebelumnya.
Icon komputer yang silang ialah virtual lan card yang akan digunakan oleh vpn klien, sedang icon komputer yang hidup ialah lan card koneksi GSM yang sedang terkoneksi.
Proses pembentukan virtual interfaces sebagai usaha dari pengkoneksian virtual.
Terkoneksi ke VPN Server dan sedang penyetabilan network virtual.
Connected..haha.
Notifikasi disconnect, saya mengalaminya dan tidak 1 kali dial vpn langsung konek..saya rasa si ini efek dari koneksi default dial GSM yang lemah.
Sebagai percobaan apakah kita terkoneksi benar pada VPN silahkan ping saja ke salah satu komputer klien jaringan fisik di belakang komputer Ubuntu servernya.Di akhir cerita tentu saya ucapkan selamat bekerja.


Penunjang keberhasilan :
-Harus punya server pribadi, kalau tidak percuma saja kalian baca artikel ini :D.
-Membaca keseluruhan posting ini dan pahami dulu arti setiap kalimatnya, karena kurang bisa saya menulis untuk menyampaikan isi hati dan pikiran :D.

5 comments:

  1. Gimana Cara Dapet User name Password dan Domain

    ReplyDelete
  2. TOlong dibaca lengkap mas isi konten di atas, jika ada satu-dua "arti" kata yang tidak di mengerti harap buka wikipedia dan situs ensiklopedia lainnya.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. nice share mas,,

    mas, untuk openVPN ini bisa gak kalau server nya sama-sama windows?
    soalnya saya ndak begitu mahir sama linux...


    semoga ilmu nya berkah :)

    terimakasih sebelumnya,

    ReplyDelete
  4. Nice Share

    Tapi Cara Naikin Bandwidthnya Gimana Min :D
    Masa Mentok jadi 12 Kbps :v ?

    ReplyDelete
  5. selamat sore mas
    saya staff it di bimbel ini mas

    kami memakai vpn juga dikantor kami mas

    tapi terkadang tidak bisa tersambung mas ke ip vpn server

    biar pon dari server client kita sndiri

    kami memakai isp speedy mas
    dan kendala kami tidak bisa tersambung ke vpn server pusat maupun server client


    topologi kami

    VPN Server Pusat(linux ubuntu server>====> Server Client(LINUX UBUNTU SERVER>===>>> client (WINDOWS)


    JIKA KITA PING DARI CLIENT(WINDOWS) KE ALAMAT VPN SERVER CLIEANT MAKA BALASANNYA UNCREABLE
    SEPERTI ITU JUGA JIKA KE SERVER PUSAT
    DAN SAMA JUGA BALASAN DARI SERVER PUSAT JIKA KITA PING DARI SERVER PUSAT...


    saya mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!