Sembunyikan Partisi Windows  ncuptea blog

Sembunyikan Partisi Windows

Beberapa alasan kenapa partisi harus atau sebaiknya di sembunyikan, ada banyak jawaban untuk semua itu, ada yang beranggapan hanya untuk mempersimple interface, ada juga untuk pencegahan tindak akses publik/umum kedalam isi partisinya, ada juga untuk mencegah dari semrautnya data atau folder yang dibuat orang lain karena penggunaannya sendiri untuk umum. Yang jelas dengan alasan tersebut Opsi ini sangat efisien dan tanpa perlu install software apapun ke dalam operasi sistem, cara ini sangat cocok diterapkan dilingkungan PC warnet or Kost'an kita, karena dengan demikian perusakan/kehilangan dan yang lainnya dapat diminimalisir.

Oke, cukup sudah basa-basinya, simak tips berikut (tidak berlaku untuk partisi system).
  1. Buka Command Prompt lewat Start Menu/All Program/ Accessories/ Command Promp atau dari Start Menu/ Run lalu ketik : cmd
  2. Setelah Command Prompt or CMD terbuka ketik diskpart lalu tekan enter
  3. Setelah langkah 2, kalian ketik lagi list volume lalu enter lagi (perintah ini untuk melihat/menampilkan list dari semua partisi yang ada di sistem kalian).
  4. Setelah pada langkah 3 di atas kalian akan melihat beberapa list partisi yang kalian buat sebelumnya, ada C, D, dan lainnya dengan disertai nomor urut angka. Sekarang kalian ketikan perintah selectvolume1 lalu tekan enter misalnya, dimana angka 1 tersebut nomor urut partisi D, jadi perintah list volume tsb adalah untuk menandai partisi mana yang hendak di sembunyikan.
  5. Terakhir adalah dengan dengan mengetikan perintah removeletterD kemudian tekan enter dan tutup saja jendela CMD, untuk melihat efeknya silahkan cek partisi di exprore kalian sudah hilang atau belum, jika belum silahkan restart dahulu.
Tambahan :
  • Untuk mengembalikan partisi kesemula pada langkah 5 di atas ganti perintah nya dengan mengetikan assignletterD lalu enter
  • Perhatikan huruf besar kecil nya pada tips di atas, karena salah 1 input saja tidak akan membuat perubahan pada output perintah kalian!
  • Sebelum mempraktekannya sebaiknya pahami dulu maksud2 nya dari perintah yang dimasukan tersebut secara nalar oleh diri kalian sendiri, karena dengan begitu kalian tidak harus menghapalkan langkah-langkahnya...hehe...be smart dan jangan gampang percaya sama orang karena musrik kata orang pintar...becanda bro, tp serius lo itu tips di atas udah aku praktekin di beberapa OS XP PROFESSIONAL 2 dan HOME EDITION.
selamat memperagakan dan semoga bermanfaat bagi kita semua!

    No comments:

    Facebook Blogger Plugin: Brought to by CITEUREUP FOUNDATION Enhanced by ncuptea

    Post a Comment

    Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

    Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!