Login root dari GUI di fedora 13  ncuptea blog

Login root dari GUI di fedora 13

Mungkin sudah tidak asing login user biasa atau login sebagai root (super user) di linux, berbeda jika pada windows yang dimana pertama kali terinstall os tersebut login defaultnya ada pada administrator (root jika pada linux), di distro ubuntu sendiri cara login dengan GUI (Grafical User Interfaces) sangat gampang cukup melogout atau swicth user nah lain hal jika pada fedora jika login sebagai root di GUI maka akan timbul pesan failure jangan kaget karena itu normalnya di fedora. Oke ikuti langkah berikut untuk nantinya memperbolehkankan login root dari GUI gnome, fedora yang saya praktekan disini ialah fedora 13.

  1. Login di fedora dengan status user biasa
  2. Buka terminal 
  3. Ketik "su -" atau su di terminal lalu enter, kalian akan ditanya password root yang sebelumnya telah dibuat lalu masukan password dan enter.
  4. Jika sukses tanda "$" akan berganti "#"
  5. Ketikan nano /etc/pam.d/gdm, lalu beri tanda "#" didepannya
    auth       required    pam_succeed_if.so user != root quiet sehingga menjadi # auth       required    pam_succeed_if.so user != root quiet jika sudah tekan Ctrl+o untuk save lalu Ctrl+x untuk keluar dari editor teks.
  6. Ketikan nano /etc/pam.d/gdm-password beri tanda # didepan rule teks auth        required      pam_succeed_if.so user != root quiet langkahnya percis seperti langkah no. 5
  7. Ketikan nano /etc/pam.d/gdm-fingerprint lalu beri atau tandai dengan # di auth        required       pam_succeed_if.so user != root quiet sama langkahnya seperti no.5 dan 6.
  8. Selesai dan silahkan logout dari user biasa dan coba login sebagai root dari GUI nya. semoga berhasil.
Cat : 
Editor yang saya pake ialah nano, default tidak terinstall maka silahkan install dahulu teks editor nano dari terminal # yum install nano jika kalian ingin memakai nano atau cara cepatnya bisa mengunakan teks editor gedit bawaan fedora jika males nginstall nano.

1 comment:

  1. Tip trik ini yg saya cari2 sejak fedora 10 saya gabisa2 login root di GUI. Okelah ntar kita coba.... thank

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!