Set permission di Windows  ncuptea blog

Set permission di Windows

Alhamdulillah terjawab sudah unek-unek saya beberapa saat lalu akan cara mengeset suatu file atau folder permission di Windows Xp Professional tanpa bantuan software pihak ketiga lagi. Pengalaman akan ini beberapa kali menemui buntu pada prakteknya, walaupun saya sudah mengikuti dan mencoba memahami trik-trik di blog lainnya, saya sadar mungkin ada yang terlewat oleh si penulis atau saya yang terlalu terburu-buru menyimpulkan step-stepnya tentang set file or folder permission di Windows. Dan sebagai keberhasilan cara set permission di windows yang tak lain hanya dengan melihat manual pages nya lagi dengan menekan tombol F1, dan lanjut mempublish disini.

Kita persempit sedikit, trik ini melarang suatu folder atau file di buka oleh user bukan administrator dalam system windows xp.
Misal dalam system Windows Xp saya ada 2 (dua) akun yaitu :
  1. Chaos = Administrator, yang di password.
  2. Umum = Limited, dan tidak di password
Contoh kasus. Karena sesuatu hal, folder yang bernama Privacy tidak ingin bisa dibuka oleh siapapun yang login ke system menggunakan akun Umum, maka langkah mengeset file atau folder permissions di windows xp sebagai berikut :
  1. Karena default tab Security tidak di tampilkan, maka untuk menampilkan tab Security sebagai berikut :
    • Buka Folder Options yang ada di Control Panel.
    • Double klik Folder Options untuk membukanya.
    • Pilih tab View, lalu cari di pilihan dibawahnya yang yang bernama Use simple file sharing (Recommended) lalu hilangkan tanda ceklistan/centangannya.
    • Klik OK untuk membuat perubahan. Sebagai tes silahkan buka lagi properties dari tiap folder apa saja dan lihat tab Security sudah tampil
  2. Klik kanan pada nama folder Privacy (contoh kasus di saya), screenshot :
















  3. Pilih tab Security, amati di Groups or username belum ada akun Umum, maka saya tambahkan dahulu dengan mengklik Add, screenshot :















  4. Pada kotak dialog baru yang akan muncul setelah mengklik Add diatas ketikan Umum (sesuaikan dengan nama akun di sistem kalian) pada kotak isian Enter the object name to select (examples) lalu klik Check Names lalu OK, screenshot :















  5. Jika valid semua stepnya, maka akun yang di ketemukan pada group CHAOS akan terlihat seperti screenshot di bawah, selanjutnya klik OK untuk masuk ke set permission-nya :











  6. Seperti yang sudah saya bilang diatas sebelumnya, saya ingin folder bernama Privacy tidak dapat dibuka atau diapapun juga dari akun Umum maka set permissionnya saya pilih Full Control lalu klik OK, screenshot sebagai berikut :




















Langkah-langkah set permisson folder di windows xp professional selesai, untuk mencoba hasilnya silahkan kalian masuk dari akun Umum (harap sesuaikan nama akunnya di kalian) lalu coba buka folder yang telah kita set permissionnya seperti diatas akan di blok dan muncul screenshoot sebagai berikut :

2 comments:

Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!