Problem pada driver acer aspire 4732Z  ncuptea blog

Problem pada driver acer aspire 4732Z

Baru-baru ini saya diberikan notebook acer aspire 4732Z, walaupun second tentu sangat bersyukur terlebih itu didapat tanpa mengeluarkan uang sama sekali..:p. Masuk ke kasusnya acer aspire 4732z ini, seperti biasa pas pertama dipegang langsung saya install ulang dan repartisi acer ini, OS yang saya install di partisi pertama ialah Windows Xp Professional Pack 2 dan menyusul dipartisi 3, 4, dan 5 saya installin suse 11.3, Lucid desktop, berikut swap nya, so setelah semua OS terinstall saya jalanin Windows XP yang baru saja terinstall dengan bermaksud untuk menginstall driver dan software aplikasinya, Pertama saya install driver Acer ini dari CD bawaannya lengkap, disini kasusnya mulai timbul terutama pada driver Sound, Ethernet yang gak mau ngedetek hardware di aspire 4732Z ini, saya pikir lagi mungkin sebaiknya saya restart dulu dan kasus baru timbul lagi, ternyata pas di shutdown atau restart terjadi hang pada jendela windows shuting down  atau restart nya terpaksa saya pencet tuh tombol power manualnya, sampai sejauh ini masalah belum ketemu, saya curigai copy'an cd windows xp nya akhirnya lalu saya pinjem cd xp juga dari temen yang rada bagusan ternyata masih sama kejadiannya.

Dari situ saya berganti Os ke Ubuntu Lucid dan Suse buat ngetes apakah hardware yang rusak atau cuma comptible xp aja ke acer ini, dan ternya di ke-dua Os Linux ini tidak ada masalah..Akhirnya saya putusin buat googling dan nyari-nyari solusi dari acer aspire 4732Z ini dan ketemu beberapa artikel soal kemiripin seperti kasus yang saya alami dan langsung tanpa banyak pertimbangan saya ikutin langkah-langkahnya dan alhamdulillah berhasil...Oke langkah-langkah seperti di bawah ini :
  • Langkah 1 : Driver Soundcard bawaannya jangan diinstall dulu, Install terlebih dahulu Microsoft Universal Audio Architecture (Ms UAA) ini berfungsi untuk mengenali harware nya baru setelah Ms UAA terinstall silahkan Driver Sound Bawaannya diinstall. Jika masih belum bisa silahkan download ulang drivernya dari acer.com atau acer malaysia. 
  • Download Ms UAA
  • Langkah 2 : Driver Ethernet silahkan download dari global-download.acer.com di bawah ini
  • Download Ethernet Driver
  • Langkah 3 sekaligus terakhir adalah memperbaiki masalah hang pada shutdown xp di acer aspire ini, masalahnya ada pada driver webcam nya, jika belum menginstall driver webcame ini bersyukurlah tapi kalau sudah terlanjur ikuti cara berikut :
  • -Klik kanan di My Computer pilih Properties 
    -Lalu geser ke tab Hardware Pilih Device manager 
    -Klik dua kali di Acer Crystal Eye Webcam 
    -Pindah ke tab Driver 
    -Pilih No, not this time 
    -Kemudian Next 
    -Pilih Install from spesific location kemudian Next 
    -Pilih Don’t search.. 
    -Kemudian Next 
    -Pilih USB Video Device kemudian Next 
    -Pilih Finish untuk mengakhiri
    Silahkan shutdown atau restart untuk mencoba apakah problem acer aspire 4732Z ini terselesaikan.Selamat mencoba!






       

    1 comment:

    1. Howdy! I just would like to give an enormous thumbs up for the good information you will have right
      here on this post. I can be coming again to your blog for more soon.


      Review my site :: how to make indoor outdoor pillows

      ReplyDelete

    Berkomentarlah dengan bijak untuk pengembangan dan sekaligus menjadi pembelajaran kita bersama.

    Pilih Name/Url untuk mempermudah memasukan id anda!